Arkeolog Temukan Patung Kuno "Dewi Kesuburan"


Gula77 - Para arkeolog menghebohkan dunia maya karena telah menemukan sebuah patung perempuan kuno dari batu berusia 8000 tahun di sebuah penggalian di Anatolia Tengah, Konya, Turki.
Patung itu ditemukan sebuah tim internasional yang dipimpin arkeolog, Profesor Ian Hodder dari Stanford University. Dengan ukuran 6,7 inci (17 cm) panjang dan berat 2,2 pon (1 kg), dan diukir dari batu marmer.
Hodder mengatakan patung ini ditemukan bersama dengan sepotong batu obsidian yang menunjukkan bahwa mungkin telah ditempatkan di sana sebagai bagian dari beberapa ritual.
Patung tersebut dianggap sebagai 'dewi kesuburan.' Namun, Hodder mengutip teori baru yang menunjukkan objek ini merupakan wanita yang lebih tua yang telah mencapai status tertentu.

"Patung tentu menunjukkan penafsiran baru dengan payudara dan perut yang kendur ," katanya, seperti dikutip Scinews (19/9/2016).
Sementara, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki menyatakan pada sebuah rilis akan temuan tersebut sebagai yang terbaik karena bentuknya yang utuh dan pengerjaannnya yang halus.
Situs "catalhoyuk" dimana patung itu ditemukan adalah salah satu situs Neolitik terbesar dan terbaik di dunia. Terletak di tenggara kota modern Turki Konya, sekitar 90 mil dari Gunung Hasan.

No comments:

Powered by Blogger.