Supermarket Ini Menjual Makanan-Makanan Sisa


Gula77 - Mendengar kata "Junk Food" pastinya dalam benak kita adalah sejenis makanan seperti burger, kentang goreng, ayam goreng, sosis dan aneka jenis makanan  lain yang dijual oleh restoran cepat saji

Junk Food adalah istilah yang mendeskripsikan makanan yang tidak sehat atau memiliki sedikit kandungan nutrisi. Makanan nirnutrisi mengandung jumlah  lemak yang besar.

Namun Junk Food ini dimanfaatkan oleh Adam Smith, Founder #TheRealJunkFood untuk membuat waste supermarket yaitu swalayan yang menjual makanan sisa.

Supermarket "Junk Food" pertama di Inggris ini berlokasi di Leeds. Orang-orang bisa mengambil makanan disini dengan membayar secara suka rela, yang  diberi istilah "pay as you feel"

Selain uang, bayaran bisa dilakukan dengan menjadi volunteer di tempat ini.

Supermarket mendapat stok makanannya dari kafe, food bank serta retail raksasa seperti Sainsbury's & Morrisons. Makanan yang dijual adalah makanan  yang sudah tidak sesuai untuk penjualan di took atau out of date. Tapi produk-produk di sini dijamin masih aman untuk dikonsumsi.

Setiap hari setidaknya ada 2-10 ton makanan yang diterima The Real Junk Food Project. Isinya macam-macam, ada roti, buah-buahan, keripik, cokelat dan  cakes. Ada juga minuman seperti air mineral atau jus buah. Tim dari The Real Junk Food benar-benar selektif dalam memilih produk yang akan dijual.
Seperti buah pisang misalnya. Biasanya yang dijual di supermarket adalah pisang yang kuning, bersih dan mulus. Sedangkan pisang yang sudah mulai  muncul bitnik hitamnya tapi belum busuk akan diambil untuk waste supermarket. Begitu juga dengan bahan yang mudah rusak seperti sayur. Toko serba ada  ini tidak menjual sayuran yang sudah berjamur.
Sebelum membuat supermarket, The Real Junk Food menyalurkan makanan-makanan seperti ini ke sekolah. Ada juga yang dibagikan ke orang-orang  homeless. Tapi semakin lama, semakin banyak makanan sisa yang akhirnya terbuang. Di Inggris setidaknya ada 15 juta makanan terbuang tiap tahun.
Akhirnya waste supermarket mulai dibuka lewat pengumuman di sosmed. Ternyata, konsep ini menarik perhatian banyak orang. Terutama mereka yang  membutuhkan makanan dengan harga lebih murah. Selain supermarket makanan sisa, sudah ada 125 Real Junk Food Cafes, yaitu tempat-tempat makan  yang memanfaatkan bahan-bahan nyaris kadaluwarsa.

No comments:

Powered by Blogger.