Alasan Jet Tempur Swiss Kejar Pesawat Kepresidenan Rusia


Gula77 - Kementerian Pertahanan Swiss mengakui beberapa pesawat jet tempur F/A-18s mereka mengejar pesawat kepresidenan Rusia yang membawa wartawan ke KTT APEC di Peru. Kementerian itu berdalih, aksi itu merupakan patroli rutin untuk memeriksa identitas pesawat asing.

Menurut Kementerian Pertahanan Swiss, jet-jet tempur F/A-18s terbang mendekati pesawat kepresidenan Rusia selama tujuh menit di wilayah udara atau langit Swiss pada hari Jumat. Pemeriksaan seperti itu diklaim sudah dilakukan sekitar 400 kali dalam setahun untuk mengidentifikasi pesawat asing.

"Ini seperti patroli polisi di jalan, memeriksa mobil untuk memastikan itu bukan curian,” kata kementerian itu melalui seorang juru bicara yang dikutip Reuters, Minggu (20/11/2016).

Pesawat kepresidenan Rusia pembawa wartawan dan delegasi Moskow yang dikejar jet-jet tempur Swiss adalah pesawat Ilyushin II-96.

Pernyataan Kementerian Pertahanan Swiss itu muncul setelah Rusia menuntut penjelasan. ”(Kami) telah terkejut dan meminta penjelasan dari Swiss,” kata Kedutaan Besar Rusia di Swiss, melalui Twitter.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan bahwa Rusia khawatir dengan aksi pesawat-pesawat jet tempur militer Swiss yang mendekati pesawat sipil Rusia.

”Kami berharap penjelasan mereka dan akan bereaksi sesuai ketika kami menjumpai mereka,” ujar Zakharova kepada Rossiya-24. 

No comments:

Powered by Blogger.