Sapi tewaskan 550 orang di jalanan India dalam setahun


Kepolisian India memasang stiker berbahan fosfor yang bisa menyala di kegelapan untuk tanduk sapi. Setidaknya 300 stiker ini sudah dipasang sejak akhir pekan lalu, demi mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Kantor berita AFP melaporkan, Kamis (25/8), sapi ternyata salah satu pemicu kecelakaan tertinggi di Negeri Sungai Gangga. Sudah biasa terjadi bila pengendara sepeda motor terjatuh atau menabrak kendaraan lain akibat menghindari sapi yang nyelonong ke tengah jalan saat situasi malam hari.

Sapi adalah hewan yang dihormati penganut agama Hindu. Imbasnya, di India sudah biasa jika sapi dibiarkan berkeliaran di ruang publik, termasuk jalan raya. Sepanjang 2015, polisi mencatat 550 orang tewas akibat kecelakaan yang dipicu masuknya sapi ke jalanan.

"Tak jarang kecelakaan terkait masuknya sapi ke jalan raya ini menimbulkan korban jiwa," kata Kailash Chauhan, Inspektur Korlantas Distrik Balaghat di India.

Polisi berharap pengendara sepeda motor maupun mobil jadi lebih waspada bila melihat tanduk berwarna hijau di kegelapan. Stiker fosfor ini diklaim sangat efektif membuat pengendara lebih waspada sehingga akan diperluas cakupannya.

"Pemasangan stiker ini merupakan upaya mengurangi kecelakaan lalu lintas akibat sapi," kata Chauhan.

No comments:

Powered by Blogger.